Breaking News

Tuesday, July 10, 2018

Soal Pedagogik


Assalamualikum Wr. Wb.

         Rekan-rekan guru, saya coba membuat beberapa soal latihan pedagogik dari hasil Pelatihan Instruktur Nasional. Semoga bermanfaat.


1.           Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan ...
A.      Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B.       Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
C.       Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D.      Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)
(Modul IPA SMP KK A Gabung Final. Halaman 31)
(Modul IPA SMP KK B Gabung Final. Halaman 19)

2.       Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesempatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri. Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan ...
A.    Sosial-emosional
B.    Kognitif
C.    Moral
D.    Spritual
(Modul IPA SMP KK A Gabung Final)

3.       Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ...

A.   Penalaran pascakonvensional
B.   Penalaran konvensional
C.   Penalaran prakonvensional
D.   Penalaran interkonvensional
(Modul IPA SMP KK A Gabung Final. Halaman 79)

4.       Cara yang yang paling cepat dan akurat yang digunakan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik yang bersumber dari faktor sosial adalah ...
A.    Sosiometri
B.    Angket
C.    Wawancara
D.    Brainstorming

5.       Di dalam proses pembelajaran IPA, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar ...
A.   Sibernetik
B.    Humannistik
C.    Behaviorisme
D.   Konstruktivisme
(Modul IPA SMP KK B Gabung Final. Halaman 32)
(Modul IPA SMP KK C Gabung Final. Halaman 62)

6.      Dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran IPA, Ibu Rini selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria ...
A.   Sahih
B.   Kebermanfaatan
C.   Layak dipelajari
D.   Menarik minat
         (Modul IPA SMP KK I Gabung Final)
         (Modul IPA SMP KK H Gabung Final)

8.       Pada saat mempersiapkan pembelajaran IPA, seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah ...
A.   Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah
B.    Pendidik harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.
C.   Pendidik harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah.
D.   Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.
         (Modul IPA SMP KK E Gabung Final)

9.       Seorang guru IPA harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan secara utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah ...         
A.   Media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis TIK     
B.   Sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran          
C.   Media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran         
D.   Memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan
(Modul IPA SMP KK E Gabung Final)

10.     Setiap materi pembelajaran IPA memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.
Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah ...
A.   Menampilkan objek yang terlalu besar        
B.   Membuat konkrit konsep yang abstrak  
C.    Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.      
D.   Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
         (Modul IPA SMP KK E Gabung Final)


No comments:

Post a Comment

Monggo.....

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog