Assalamualikum Wr. Wb.
Rekan-rekan guru, saya coba membuat beberapa soal latihan pedagogik dari hasil Pelatihan Instruktur Nasional. Semoga bermanfaat.
1. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe,
gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA sebagai media adalah sesuai
dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan ...
A.
Anak memahami bilangan dan angka tetapi
masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B.
Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap
lingkunganya (sensomotor)
C.
Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D.
Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak
terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)
(Modul IPA
SMP KK A Gabung Final. Halaman 31)
(Modul IPA
SMP KK B Gabung Final. Halaman 19)
2. Seorang peserta didik selalu ingin
mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesempatan anggota
lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan
mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar
sendiri. Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan ...
A. Sosial-emosional
B. Kognitif
C. Moral
D. Spritual
(Modul IPA
SMP KK A Gabung Final)
3. Peserta didik telah memiliki yang
memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada
standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan,
dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.
Hal ini
merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ...
A. Penalaran pascakonvensional
B. Penalaran konvensional
C. Penalaran prakonvensional
D. Penalaran interkonvensional
(Modul IPA
SMP KK A Gabung Final. Halaman 79)
4. Cara yang yang paling cepat dan akurat
yang digunakan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik yang
bersumber dari faktor sosial adalah ...
A. Sosiometri
B. Angket
C. Wawancara
D. Brainstorming
5. Di dalam proses pembelajaran IPA, para
siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data,
membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan
menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta
bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan
penerapan teori belajar ...
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme
(Modul IPA SMP KK B Gabung Final.
Halaman 32)
(Modul IPA SMP KK C Gabung Final.
Halaman 62)
6. Dalam memilih dan mengembangkan materi
pembelajaran IPA, Ibu Rini selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah
teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk
pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut
memenuhi kriteria ...
A. Sahih
B. Kebermanfaatan
C. Layak dipelajari
D. Menarik minat
(Modul
IPA SMP KK I Gabung Final)
(Modul
IPA SMP KK H Gabung Final)
8. Pada saat mempersiapkan pembelajaran IPA,
seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang
akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki
seorang pendidik terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah
...
A. Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya
siswa dan sekolah
B. Pendidik harus memahami karakteristik dari
media pembelajaran tersebut.
C. Pendidik harus menyesuaikan diri dengan
kemampuan sekolah.
D. Pendidik menyesuaikan dengan materi
pembelajaran.
(Modul
IPA SMP KK E Gabung Final)
9. Seorang guru IPA harus mampu memanfaatkan
media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan secara
utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah
...
A. Media pembelajaran yang paling baik adalah
media yang berbasis TIK
B. Sebuah media dapat digunakan untuk semua
kegiatan
pembelajaran
C. Media dapat digunakan sebagai pembawa pesan
dalam suatu kegiatan
pembelajaran
D. Memilih media tidak perlu banyak pertimbangan
agar tidak merepotkan
(Modul
IPA SMP KK E Gabung Final)
10. Setiap materi pembelajaran IPA memiliki
tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami
materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media
pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem
peredaran darah.
Fungsi media
pada pernyataan tersebut adalah ...
A. Menampilkan objek yang terlalu
besar
B. Membuat konkrit konsep yang abstrak
C. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati
dengan mata telanjang.
D. Membawa objek yang berbahaya atau sukar
didapat di dalam lingkungan belajar.
(Modul
IPA SMP KK E Gabung Final)
No comments:
Post a Comment
Monggo.....