Mumpung lagi semangat posting nih rekan-rekan, saya coba buat beberapa soal buat latihan Pedagogik lagi
1. Sebelum
memulai proses pembelajaran IPA di dalam kelas, Bu Eka meminta peserta didik
terlebih dahulu untuk mengobservasi suatu fenomena. Kemudian peserta didik
diminta mencatat masalah-masalah yang muncul. Setelah itu, peserta didik
dirangsang untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ada. Sementara
itu, Bu Eka mengarahkan peserta didik untuk bertanya, membuktikan asumsi, dan
mendengarkan pendapat yang berbeda dari mereka.
Kegiatan
yang dilakukan Bu Eka tersebut mengisyaratkan implementasi model pembelajaran ...
A. Inquiry learning
B. Problem based learning
C. Project based learning
D. Discovery learning
(Modul IPA
SMP KK D Gabung Final, Halaman 27)
2. Berikut ini merupakan langkah-langkah
pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning :
1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2) Mendesain Perencanaan Proyek,
3) Menyusun
Jadwal (Create a Schedule),
4) Memonitor
peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the
Project),
5) Menguji
Hasil (Assess the Outcome),
6) Mengevaluasi
Pengalaman (Evaluate the Experience).
Urutan yang
benar adalah ...
A. 1-2-3-4-5-6
B. 1-3-2-4-5-6
C. 1-3-2-5-6-4
D. 1-2-3-5-4-6
(Modul IPA
SMP KK D Gabung Final, Halaman 32)
3. Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan
dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata
setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan
faktor-faktor ...
A. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan
kemampuan guru
B. Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake
siswa
C. Kompleksitas
indikator, daya dukung, dan intake siswa
D. Kemampuan guru, tingkat kesulitan
kompetensi dasar, dan intake siswa
(Modul
IPA SMP KK F Gabung Final)
(Modul
IPA SMP KK G Gabung Final)
4. Penilaian hasil belajar siswa didasarkan
pada karya siswa dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil
post test disebut ...
A. Konstruktivisme
B. Authentic assesment
C. Efektif
D. Kondusif
(Modul
IPA SMP KK F Gabung Final)
(Modul
IPA SMP KK G Gabung Final)
5. Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan
penilaian yang disebut dengan istilah penilaian acuan kriteria (PAK). PAK
merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria
ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan belajar minimal
yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik
Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik peserta
didik.
Dengan
demikian, Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang didasarkan pada
pendekatan ...
A. Penilaian berkelanjutan
B. Penilaian autentik
C. Penilaian acuan patokan
D. Penilaian acuan norma
(Modul
IPA SMP KK F Gabung Final)
(Modul
IPA SMP KK G Gabung Final)
6. Di bawah ini beberapa hal yang perlu
diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil belajar peserta didik, kecuali ...
A. Ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi
B. Menggunakan acuan kriteria berdasarkan
pencapaian kompetensi
C. Ditindaklanjuti dengan program remedial dan
pengayaan
D. Dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya
banyak yang jelek
(Modul
IPA SMP KK F Gabung Final)
(Modul
IPA SMP KK G Gabung Final)
7. Upaya merancang pengayaan bagi perserta
didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru
sebagai berikut ...
A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar
dari pengarang yang berbeda
B. Memberikan test tambahan dengan tingkat
kesukaran lebih tinggi
C. Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih
mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D.
Diberikan materi bahan ajar yang lebih
tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
(Modul
IPA SMP KK F Gabung Final)
(Modul
IPA SMP KK G Gabung Final)
(Modul
IPA SMP KK I Gabung Final)
8. Model rancangan PTK terletak pada alur
pelaksanaan tindakan yang dilakukan. Hal ini sekaligus menjadi penanda atau
ciri khusus yang membedakan PTK dengan jenis penelitian lain. Adapun alur
penelitian tindakan yang dimaksud adalah ...
A. Observasi à refleksi à perencanaan
à pelaksanaan
tindakan
B. Refleksi à perencanaan à pelaksanaan
tindakan à observasi
C. Perencanaan à observasi à pelaksanaan
tindakan à refleksi
D. Perencanaan à pelaksanaan tindakan à
observasi à
refleksi
(Modul
IPA SMP KK J Gabung Final. Halaman 14)
9. Kegiatan
refleksi merupakan kegiatan terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada
kegiatan inilah guru akan dapat mengetahui berhasil tidaknya rencana
pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan dengan memperhatikan
beberapa prinsip, diantaranya adalah ...
A. Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan
oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
B. Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran
C. Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran
D. Penilaian dilaksanakan sejak awal pembelajaran
sampai akhir pembelajaran
(Modul
IPA SMP KK F Gabung Final)
(Modul IPA SMP KK G
Gabung Final)
No comments:
Post a Comment
Monggo.....