Breaking News

Saturday, August 11, 2018

Soal Pedagogik

Mumpung lagi semangat posting nih rekan-rekan, saya coba buat beberapa soal buat latihan Pedagogik lagi

1.      Sebelum memulai proses pembelajaran IPA di dalam kelas, Bu Eka meminta peserta didik terlebih dahulu untuk mengobservasi suatu fenomena. Kemudian peserta didik diminta mencatat masalah-masalah yang muncul. Setelah itu, peserta didik dirangsang untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ada. Sementara itu, Bu Eka mengarahkan peserta didik untuk bertanya, membuktikan asumsi, dan mendengarkan pendapat yang berbeda dari mereka.
Kegiatan yang dilakukan Bu Eka tersebut mengisyaratkan implementasi model pembelajaran ...
A.   Inquiry learning
B.   Problem based learning
C.   Project based learning
D.   Discovery learning
         (Modul IPA SMP KK D Gabung Final, Halaman 27)

2.      Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning :
1)    Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2)    Mendesain Perencanaan Proyek,
3)    Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
4)    Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),
5)    Menguji Hasil (Assess the Outcome),
6)    Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).
Urutan yang benar adalah ...
A.   1-2-3-4-5-6
B.   1-3-2-4-5-6
C.   1-3-2-5-6-4
D.   1-2-3-5-4-6
         (Modul IPA SMP KK D Gabung Final, Halaman 32)

3.      Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor ...
  
A.   Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru
B.   Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
C.   Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa
D.   Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa
         (Modul IPA SMP KK F Gabung Final)
         (Modul IPA SMP KK G Gabung Final)

4.      Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya siswa dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post test disebut  ...
A.   Konstruktivisme
B.    Authentic assesment
C.    Efektif
D.    Kondusif
         (Modul IPA SMP KK F Gabung Final)
         (Modul IPA SMP KK G Gabung Final)

5.      Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian acuan kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan belajar minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik peserta didik.
Dengan demikian, Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang didasarkan pada pendekatan  ...
A.   Penilaian berkelanjutan
B.   Penilaian autentik
C.   Penilaian acuan patokan
D.   Penilaian acuan norma
         (Modul IPA SMP KK F Gabung Final)
         (Modul IPA SMP KK G Gabung Final)

6.      Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil belajar peserta didik, kecuali ...
A.   Ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi
B.   Menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi
C.   Ditindaklanjuti dengan program remedial dan pengayaan
D.   Dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek
         (Modul IPA SMP KK F Gabung Final)
         (Modul IPA SMP KK G Gabung Final)

7.      Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut ...
A.  Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B.  Memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C.  Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D.  Diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
(Modul IPA SMP KK F Gabung Final)
(Modul IPA SMP KK G Gabung Final)
(Modul IPA SMP KK I Gabung Final)

8.      Model rancangan PTK terletak pada alur pelaksanaan tindakan yang dilakukan. Hal ini sekaligus menjadi penanda atau ciri khusus yang membedakan PTK dengan jenis penelitian lain. Adapun alur penelitian tindakan yang dimaksud adalah ...
A.   Observasi à refleksi à perencanaan à pelaksanaan tindakan
B.   Refleksi à perencanaan à pelaksanaan tindakan à observasi
C.   Perencanaan à observasi à pelaksanaan tindakan à refleksi
D.   Perencanaan à pelaksanaan tindakan à observasi à refleksi
         (Modul IPA SMP KK J Gabung Final. Halaman 14)

9.      Kegiatan refleksi merupakan kegiatan terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada kegiatan inilah guru akan dapat mengetahui berhasil tidaknya rencana pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan dengan memperhatikan beberapa prinsip, diantaranya adalah ...
A.   Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
B.   Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C.   Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran
D.   Penilaian dilaksanakan sejak awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran
         (Modul IPA SMP KK F Gabung Final)
         (Modul IPA SMP KK G Gabung Final)

No comments:

Post a Comment

Monggo.....

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog